18 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil - Pada saat masa kehamilan seorang calon ibu harus menjaga kesehatan dirinya maupun kesehatan bayi yang dikandungnya kusus untuk anda yang sedang mencari informasi tentang makanan yang harus dikonsumsi saat masa kehamilan, artikel ini sangat tepat dan wajib anda baca, karena artikel ini membahas makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil, makanan tersebut adalah buah Alpukat. Buah yang mudah dicari di pasaran ini sangat baik bahkan wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, karena memiliki Kandungan Nutrisi yang cocok sekali untuk ibu hamil, jika diperhatikan buah alpukat berbentuk mirip dengan rahim. Alpukat bisa menyeimbangkan hormon dan mencegah kanker serviks. Sama seperti bayi dalam kandungan, buah alpukat membutuhkan waktu sekitar 9 bulan sejak bunga mekar hingga masa panen.

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil


Banyak manfaat yang akan anda peroleh jika mengkonsumsi buah Alpukat, khususnya untuk wanita  yang sedang hamil.

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil :



  • Mencegah Bayi Lahir Cacat
   Selain dari ibu hamil itu sendiri bisa mendapatkan berbagai manfaat dari alpukat, sang janinpun juga akan merasakan dampak positifnya, apalagi dalam masa perkembangannya di dalam perut.  Memakan buah alpukat secara rutin akan membantu supaya kebutuhan akan ¼ asupan harian bisa terpenuhi. Hal ini akan mencegah bayi lahir caca.
  • Meningkatkan Fungsi Pencernaan
   Selama kehamilan terutama diakhir kehamilan seorang ibu hamil mengalami sembelit. Salah satu manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yaitu memiliki banyak serat, karena tubuh memerlukan serat untuk mencerna makanan dengan baik. Selain itu, alpukat sendiri dapat meningkatkan pergerakan usus lebih baik
  • Mengurangi Peradangan Pencernaan pada Ibu Hamil
   Alpukat mengandung karotenoid yang termasuk dalam beta karoten dan likopen yang merupakan nutrisi penting. Hal ini dapat mengurangi peradangan pada lambung dan peradangan lapisan mukosa pada usus halus. Semua ini dikarenakan enzim dalam alpukat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.
  • Meningkatkan  Penyerapan Nutrisi
   Selain memberikan banyak nutrisi, manfaat alpukat untuk ibu hamil yaitu akan membantu dalam penyerapan nutrisi. Penelitian juga menunjukan bahwa mengkonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan penyerapan karotenoid dalam tubuh. Karotenoid sendiri diperolehkan dari Vitamin A yang ada di dalam Alpukat.

   Fungsinya adalah untuk mencegah janin mendapat penyakit atau gangguan pada mata. Ibu hamil dapat menikmati secangkir alpukat yang mengandung 22mg Kolin dalam membantu dalam perkembangan otak dan syaraf.
  • Obat Kram pada Ibu Hamil
   Kaki kram pada ibu hamil adalah masalah umum yang dialami. Memakan buah-buahan untuk ibu hamil, Seperti alpukat, maka seorang ibu hamil akan mendapatkan potasium yang membantu mengurangi kram.
  • Menurunkan Kolesterol
   Alpukat yang dikonsumsi dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Pada sebuah penelitian tentang diet makanan, alpukat memberikan hasil signifikan dalam menurunkan total kolesterol jahat (LDL ) sebanyak  17 %.  dan kolesterol baik meningkat sebanyak 11% .
  • Alpukat Membuat Ibu Hamil Cepat Kenyang
   Alpukat sebanyak 3,4 gram dengan serat yang ada akan membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Dikarenakan Asam oleat yang ada pada alpukat akan mengaktifkan bagian dari otak sehingga membuat ibu hamil merasa kenyang. Terdapat lemak tak jenuh yang sehat dan terbukti menghasilkan rasa kenyang lebih besar dibandingkan lemak jenuh dan lemak trans yang ada di dalam olahan.
  • Mencegah Anemia
   Beberapa Ibu hamil bisa saja kekurangan zat besi sehingga terkadang suka pingsan atau pusing yang menandai bahwa mereka mengalami anemia. Supaya hal ini tidak terjadi, mengkonsumsi alpukat akan membantu memenuhi kebutuhan zat besi di dalam tubuh. Tidak usah banyak-banyak, cukup makan beberapa potong saja sudah lebih dari cukup.
  • Menghasilkan Hormon Prolaktin
   Dalam hal ini vitamin E dapat menghasilkan hormon prolaktin. Bila seorang ibu hamil kekurangan hormon ini, maka akan menyebabkan  pengaruh terhadap kondisi emosional dan selain sangat berperan dalam metabolisme, Vitamin E akan memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi. Selain itu ibu hamil sendiri dapat untuk anti penuaan.
  • Pembentukan Sel Darah Merah
   Ternyata vitamin E juga berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Selain untuk pembekuan darah, vitamin K juga berperan dalam pembentukan tulang bagi janin, sebagai gizi ibu hamil yang harus dipenuhi.
  • Mengatasi Mual saat Hamil Muda
   Cara mengatasi mual saat hamil muda dengan asupan Vitamin B1, B2 dan B6. Vitamin B1 atau dikenal sebagai Tiamin, yang berguna untuk mengurangi rasa mual dan muntah di pagi hari. Vitamin B2 atau dikenal sebagai riboflavin merupakan elemen penting untuk membantu penguraian zat makanan untuk janin. Vitamin B6 atau dikenal sebagai Pridoksin, yaitu berguna sebagai daya tahan ibu yang sedang hamil.
  • Mencegah Terjadinya Komplikasi
   Banyak ibu hamil yang mudah lelah dan akhirnya mempengaruhi kondisi janin. Selama masa kehamilan, untuk memberi pencegahan akan insomnia, anemia, dan komplikasi serta gagguan lainnya,  mengkonsumsi alpukat yang memili kandungan asam folat akan sangat baik. Manfaat alpukat untuk ibu hamil juga tergolong sangat oke. Hati-hati juga akan preklamsia di mana ibu hamil mengalami darah tinggi dan mengakibatkan kematian pada bayi, sebab bayi akan keracunan. Meski persentase kejadian tersebut berkisar 5-8%, tetap perlu diwaspadai dan dicegah.
  • Mencegah Deformitas
   Asam Folat untuk bayi penting dalam pengembangan organ tubuh. Kekurangan asam folat menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas merupakan susunan gigi tetap yang tidak teratur karena gangguan rahang yang saat sedang mengalami perkembangan, langit-langit terlalu berbentuk secara melengkung, dikemudian hari gigi susu mengalami keterlambatan untuk taggal.
  • Mencegah Cacat Syaraf pada Janin
   Selain mencegah Deformitas, asam folat dalam alpukat juga mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Ibu hamil dapat menyantap alpukat sebanyak setengah cangkit, dalam setiap irisannya mengandung 59 mg asam folat.



  • Asupan Kalsium


   Selama masa kehamilan kebutuhan tubuh naik berlipat ganda. Maka tepat jika diperhatikan diet kalsiumnya. Disinilah peran alpukat untuk memenuhinya. Manfaat kalsium bagi ibu hamil zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.
  • Mengurangi Resiko Stroke
   Manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat mengurangi stroke, karena asam folat yang tinggi. Ibu hamil yang mengkonsumsi alpukat akan memiliki resiko stroke lebih sedikit daripada mereka yang tidak atau sedikit mengkonsumsi makanan lainnya yang mengandung folat.
  • Melindungi Mata Ibu Hamil
   Untuk perlindungan mata bagi ibu hamil, harus mengkonsumsi alpukat, karena dapat meningkatkan lituein. Lituein ini dapat menghindari dari degenarasi makula dan katarak.
  • Makanan Otak Bagi Ibu Hamil
   Salah satu makanan otak adalah alpukat. Menurut Dr Daniel G, menemukan alpukat sebagai sakah satu makanan otak terbaik dan mengurangi resiko Alzheimer. Omega 3 pada asam lemak serta vitamin E yang ada di dalam alpukat terbukti dapat menghentikan penyakit Alzhemier.


   Jaga baik-baik bayi dalam kandungan anda, ntah itu dengan cara apapun, saya hanya menginformasikan cara menjaga bayi yang dikandung dengan informasi makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil, karena apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil, akan berefek pada janin yang ada dalam kandungannya. Semoga artikel Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil dapat bermanfaat untuk anda.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "18 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil"