32 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

   Buah ini awalnya berasal dari negara di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Selanjutnya, buah naga ini berkembang hingga ke negara-negara Asia. Dan memang ternyata buah ini berkembang dan tumbuh dengan baik di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Buah naga sendiri terdiri dari beberapa jenis yang berbeda, baik dalam hal warna kulitnya ataupun warna daging buahnya. Ingin tahu apa saja jenis buah naga yang bisa kita dapatkan dan konsumsi. Berikut ini daftar serta jenis buah naga dengan nama latinnya masing-masing yang sesuai dengan ciri-ciri fisik yang dimilikinya :

   -  Jenis pertama merupakan buah naga yang dikenal dengan nama latin Hylocereus costaricensis. Buah ini merupakan salah satu jenis buah naga dengan warna kulit yang berwarna merah muda dan dagingnya memiliki warna merah sangat terang.

   -  Kedua adalah buah naga yang memiliki nama latin Hylocereus polyrhizus. Buah naga ini adalah salah satu jenis yang memiliki warna kulit dengan warna merah muda dan dagingnya memiliki warna merah tidak terlalu terang.

   -  Jenis ketiga adalah buah naga yang dikenal dengan nama latin Hylocereus undatus. Buah ini merupakan salah satu jenis buah naga yang warna kulitnya memiliki warna merah akan tetapi warna dagingnya adalah putih.

   -  Terakhir adalah buah naga dengan nama latin Selenicereus megalanthus. Buah ini adalah satu satu jenis buah naga yang memiliki warna kulit dengan warna kuning dan daging memiliki warna putih.

32 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Manusia


   1.  Sumber Antioksidan

   Manfaat antioksidan adalah untuk mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita, dengan konsumsi buah ini setidaknya akan membantu proses detoksifikasi ( pengeluaran racun dari tubuh melalui hati ). Lalu bagaimana mendapatkan sumber antioksidan tersebut ? jawaban terbesarnya adalah buah naga.

   2.  Membantu Pembentukan Trombin dan Protrombin

   Buah naga mengandung fosfor dan kalsium yang sanga tinggi. Fosfor dan kalsium ini memiliki manfaat yang sangat besar dalam tubuh manusia. Salah satu manfaatnya adalah sebagai katalisator untuk membantu pembentukan thrombin dan protombin dalam darah.

   3.  Menetralkan Tubuh dari Racun yang Masuk

   Manfaat dari protein dalam buah naga adalah menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Racun-racun ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi buah naga sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun.

   4.  Mencegah Tekanan Darah Tinggi

   Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan arteri. Fungsi buah naga salah satunya adalah untuk melancarkan aliran darah sehingga tekanan diri pun dapat dicegah. Oleh karena itu, para penderita penyakit darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

   5.  Mencegah Peradangan

   Peradangan dapat terjadi di beberapa organ tubuh. Kandungan vitamin, serat, dan mineral pada buah naga dapat mencegah peradangan tersebut terjadi. Sehingga konsumsilah buah naga untuk menghadapi peradangan.

   6.  Menurunkan Jumlah Kolesterol

   Buah naga sangatlah ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena mengandung vitamin B3 yang sangat tinggi. Sehingga penderita kolesterol tinggi sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

   7.  Baik Untuk Tulang dan Darah

   Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi, karena kandungan kalsiummnya. Satu buah kecil memenuhi 1% dari nilai harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitanin C nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.

   8.  Menjadi Penambah Tenaga

   Buah naga memiliki kandungan vitamin B1 atau thiamin yang cukup banyak. Vitamin ini sangatlah bermanfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga orang-orang yang mengkonsumsi buah naga akan memiliki energi atau tenaga yang lebih banyak.

  9.  Mencegah Diabetes Mellitus (DM)

   Diabetes Mellitus (DM) juga merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini, karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, buah naga dapat mencegah penyakit ini menjangkiti manusia. Buah naga mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup tidak sehat yang dilakukan manusia. Sehingga penyakit DM pun dapat dicegah.

   10.  Bermanfaat untuk Memperpanjang Usia

   Buah naga mengandung serat yang sangat tinggi dan tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi makanan mengandung serat secara rutin dapat memiliki umur panjang lebih 9 tahun dari orang lainnya yang tidak atau jarang mengkonsumsi buah ini.

   11.  Membantu Mengobati Sakit Tenggorokan

   Vitamin C pada buah naga sangatlah bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati sakit pada tenggorokan anda. Konsumsilah buah naga secara berkala, untuk mengembalikan kondisi kesehatan tenggorokan anda.

   12.  Mengobati Batuk dan Asma

   Gangguan pernafasan  seperti asma dan batuk akibat flu mungkin dapat mempersulit dan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Meskipun buah ini bukan pengganti pengobatan, namun ia dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan.

   Buah naga juga memiliki jumlah vitamin C yang sangt tinggi yang membuat sistem kekebalan tubuh anda lebih kuat sehingga anda dapat melawan infeksi lebih mudah.

   13.  Menjaga Kesehata Gigi

   Kesehatan gigi bisa didapatkan dengan kecukupan kalsium dan zat besi dalam tubuh. Buah naga memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga untuk mendapatkan dan menjaga kesehatan gigi anda.

   14.  Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang

   Buah naga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan ini membuat buah naga menjadi makanan yang menjadi sumber baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang untuk dapat tetap sehat dan kuat.

   15.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

   Manfaat buah naga yang paling penting adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan antioksidan yang sangat besar dalam buah ini tentu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

   16.  Membantu Pembentukan Otot

   Protein pada buah naga sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan otot bagi anda, khususnya pria yang suka berolahraga. Dibandingkan meminum minuman perangsang pembentukan protein, lebih baik anda mengkonsumsi buah naga yang lebih aman untuk membantu pembentukan otot anda.

   17.  Bermanfaat untuk Ibu Menyusui

   Buah naga ternyata mampu meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Sehingga ibu menyusui akan mendapatkan manfaat jika mengkonsumsi buah naga.

   18.  Bermanfaat untuk Mencegah Kelumpuhan Otot

   Otot pada tubuh manusia sangat dipengaruhi kerjanya oleh protein. Sehingga untuk menjaga otot tetap sehat dan tidak terjadi kelumpuhan, dibutuhkan makanan dengan kandungan protein yang cukup. Buah naga dapat bermanfaat untuk mencegah kelumpuhan otot dengan kandungan protein.

   19.  Membantu Pembentukan Sek Darah Merah ( Hemoglobin )

   Sel darah merah ( hemoglobin ) sangatlah dibutuhkan dalam tubuh. Pembentukannya dapat dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Buah naga memiliki kandungan vitamin B12 (riboflavin) yang sangat tinggi. Sehingga konsumsi buah naga dapat membantu pembentukan sel darah merah ( hemoglobin ) dalam tubuh.

   20.  Menjaga Kesehatan dan Membantu Kerja Syaraf

   Fosfor dan kalsium pada buah naga berfungsi untuk membantu kerja syaraf. Khususnya pada sistem syaraf, di mana konsumsi buah naga dapat membuat fosfor dan kalsium sebagai tranmisi sayaraf. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga untuk menjaga kesehatan dan membantu kerja syaraf.

   21.  Meningkatkan Nafsu Makan

   Buah naga juga dapat meningkatkan nafsu makan karena dalam buah ini mengandung vitamin B1 dan B2 yang dipercaya dapat menambah nafsu makan terutama bagi anak-anak.

  22.  Membantu Pencernaan Bayi

   Buah naga sangatlah bermanfaat bagi manusia untuk setiap umur. Bahkan bagi bayi, buah naga dapat membantu proses pencernaan. Bayi seringkali mengalami masalah pencernaan. Jadi saat ini anda dapat mudah mengatasinya dengan menggunakan buah naga.

   23.  Mengobati Sariawan

   Tentu sudah banyak dari kita ynag mengetahui bahwa sariawan dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Sehingga buah naga dapat menghilangkan sariawan pada mulut anda.

   24.  Menurunkan Berat Badan

   Bagi anda yang telah mencoba berbagai hal dalam menurunkan berat badan sebaiknya mulai menyetok buah naga di dalam kulkas anda. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan yang kaya serat , dan rendah kalori yang tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar.

   25.  Menjadi Pewarna Makanan Alami

   Buah naga yang berwarna merah mengandung senyawa betalain. Senyawa tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjadi pewarna alami untuk makanan. Warnanya lebih indah dari pewarna buatan dan tentunya lebih aman digunakan.

   26.  Mencegah Kanker

  Buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

   27.  Bermanfaat untuk Menjaga Kelembaban Kulit

   Kulit membutuhkan vitamin yang tinggi sebagai nutrisi dan makanan untuk membuatnya tetap sehat dan tidak kering. Buah naga memiliki vitamin yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kulit. Selain itu buah naga juga dilengkapi antioksidan, sehingga konsumsi buah naga sangatlah bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit.

   28.  Bermanfaat untuk Kesehatan Usus

   Saat mengkonsumsi banyak makanan, kerja usus pun akan semakin berat. Untuk meringankan kerja usus, dibutuhkan bantuan serat. Serat yang tinggi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah naga. Oleh karena itu, buah naga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

   29.  Menghilangkan Jerawat

   Salah satu kandungan buah naga yang paling dominan adalah vitamin. Vitamin tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit. Salah satunya untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Sehingga bagi anda yang memiliki masalah jerawat, silahkan gunakan masker dari buah naga untuk menghilangkan jerawat.

   30.  Mencegah Penuaan Dini

   Penuaan dini merupakan efek dari polusi udara yang terpapar pada kulit anda sehari-hari. Untuk mengatasi polusi udara yang kita hadapi konsumsilah makanan berantioksidan tinggi. Buah naga merupakan buah dengan  antioksidan yang tinggi dan tentunya dapat mencegah penuaan dini.

   31.  Mengurangi Kram pada Tubuh

   Kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan zat-zat mineral berikut ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kram pada tubuh anda. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga jika anda sering mengalami kram.

   32.  Mencegah Serangan Jantung

   Kandungan serat dalam buah naga dapat membantu inflamasi dan juga menurunkan tekanan darah. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengkonsumsi buah naga sangatlah kecil.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "32 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh"

  1. I really appreciate the kind of topics you post here. Thanks for sharing us a great information that is actually helpful. Good day! nagapoker

    ReplyDelete