10 Manfaat Olahraga Skipping Bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga Skipping atau yang biasa disebut olahraga lompat tali ini dilakukan dengan bantuan tali yang diputar atau digerakan sebagai rintangan dari lompatan yang dilakukan dengan menggunakan kedua tangan kita sebagai porosnya.

10 Manfaat Olahraga Skipping Bagi Kesehatan Tubuh


   Olahraga ini adalah salah satu olahraga yang sederhana, saya sendiri rutin melakukan Skipping setiap harinya dengan target 200 kali. Meskipun sederhana, namun olahraga ini kaya akan manfaatnya, berikut manfaat yang kita dapat jika rutin melakukan Skipping.

Manfaat Olahraga Skipping :


1.  Menambah Tinggi Badan

   Ya benar, melakukan Skipping secara rutin dapat menambah tinggi badan, bahkan mayoritas orang awampun tau akan hal ini, karena gerakan yang stabil dengan ritme yang tetap ternyata mampi membantu pertumbuhan tulang. Seluruh bagian tubuh akan bergerak secara simultan sehingga gerakan tersebut akan memberikan efek positif terhadap pertumbuhan tulang. Dan ternyata skipping juga terbukti bagik untuk kesehatan jantung dan paru-paru.

2.  Menurunkan Berat Badan

   Untuk anda yang mempunyai masalah berat badan berlebih, silakan coba lakukan skipping secara rutin setiap harinya, memang pada dasarnya setiap olahraga dapat menurunkan berat badan karena aktivitas olahraga berkaitan dengan pembakaran kalori dalam tubuh.

3.  Meningkatkan Stamina dan Keseimbangan Tubuh

   Lompat tali (skipping) yang dilakukan secara teratur akan mampu meningkatkan stamina tubuh, serta kelenturan tubuh. Tidak hanya itu saja, lompatan yang dilakukan juga mampu meningkatkan keseimbangan tubuh kita.

4.  Meningkatkan Kinerja Otak

   Pada dasarnya olahraga skipping adalah hasil kombinasi dari irama gerakan lompatan dan ketepatan waktu dalam melewati rintangan berupa putara tali. Hal ini berarti membuat otak bekerja lebih cepat dan tepat dalam hal mengkalkulasikan gerakan melompat yang dilakukan dan waktu yang tepat untuk melompat melewati tali yang berputar. Akibatnya kita melatih otak kita agar terbiasa untuk bekerja dengan cepat dan tepat. Koordinasi tubuh yang baik, kemampuan gerak reflex, keseimbangan tubuh, serta meningkatkan kinerja otak pun akhirnya dapat kita peroleh sebagai manfaat dari olahraga skipping.

5.  Meningkatkan Kapabilitas

   Manfaat olahraga skipping atau lompat tali yang dilakukan dapat meningkatkan kepadatan tulang dan juga meningkatkan kapabilitas tubuh secara menyeluruh.

6.  Membentuk Tubuh

   Membentuk tubuh dalam artian ini adalah bentuk berotot pada bagian tertentu yang dihasilkan dari olahraga skipping. Otot bagian kai akan semakin kencang, namun tetap ramping dan tidak berlemak pada bagian betis, sehingga ini menambah keindangan pada kaki. Lengan juga mendapatkan manfaat berupa otot yang terbentuk karena tangan digunakan sebagai poros berputarnya tali.

7.  Mencegah Osteoporosis

   Olahraga skipping yang dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat untuk mencegah terkena osteoporosis di kemudian hari. Osteoporosis adalah kondisi di mana terjadi kerapuhan atau pengeroposan pada tulang. Manfaat olahraga skipping mampu meningkatkan kualitas atau kepadatan seseorang, sehingga skipping sangat berguna untuk mengurangi resiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

8.  Mengencangkan Otot

   Kekencangan otot kita dapat makin baik jika kita rutin dan secara teratur melakukan olahraga skipping ini. Otot dapat semakin kencang sebagai efek lompatan tersebut, terutama otot kaki dan otot bagian bawah tubuh lainnya.

   Namun tak hanya otot bagian kaki dan bagian bawah lainnya, otot bagian atas seperti lengan dan bahu pun mendapatkan manfaatnya, hal ini dikarenakan tangan adalah sebagai poros dari putaran tali.

9.  Meningkatkan Fertilitas

   Ketidakteraturan pola mensturasi adalah salah satu permasalahan ringan yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Selain itu masalah kesulitan mendapatkan keturunan dan lain-lain. Ternyata, skipping adalah olahraga yang berfungsi membantu memperbaiki fungsi reproduksi termasuk meningkatkan fertilitas.

10.  Mengoptimalkan Energi dalam Tubuh

   Olahraga skipping atau lompat tali mampu membantu seseorang dalam menambah energi di dalam tubuh, sebab olahraga skipping ini dilakukan dengan menggunakan energi. Maka latihan yang dilakukan akan mampu membiasakan tubuh mengeluarkan energi yang tersimpan di dalam sehingga mampu mengoptimalkan energi di dalam tubuhnya di kemudian hari di lain waktu.


   Olahraga skipping ini benar-benar sangat terbukti manfaatnya pada diri saya sendiri, setelah rutin melakukan skipping, tinggi badan saya bertambah beberapa CM dari yang sebelumnya, silakan dicoba untuk anda yang tertarik dengan manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Olahraga Skipping Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment