13 Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi, Kinerja dan Daya Ingat Otak

   Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi, Kinerja dan Daya Ingat Otak - Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia. Otak bisa dikatakan sebagai mesin dalam diri manusia. Semua aktivitas yang kita lakukan semuanya bersumber pada otak.  Termasuk juga kemampuan dalam mengingat sesuatu. Kemampuan ini sangat bergantung pada kerja otak. Daya ingat otak kita sebenarnya sangat baik sekali, hanya kita saja yang harus terus menjaganya. Selain itu, kita bisa meningkatkan kinerja otak dengan cara melakukan aktivitas tertentu bisa anda lihat di Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Dengan Benar dan didampingi dengan makanan yang mendukung kinerja otak.

Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi, Kinerja dan Daya Ingat Otak


Otak membutuhkan nutrisi seperti halnya jantung, hati, dan organ tubuh lainnya. Nutrisi otak yang tepat dari makanan yang dapat melindungi sel-sel otak, membantu regenerasi sel, hingga meningkatkan memori dan kemampuan berpikir. Bukan hanya itu saja, karena mendapatkan asupan nutrisi untuk otak sekaligus mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan otak, misalnya Alzheimer, Parkinson, dan Dementia.


Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Otak


1. Kacang Walnut

   Kacang Walnut memiliki banyak manfaat karena di dalamnya terkandung asam lemak omega 3, alfa linolenik, 16 antioksidan jenis fenol, asam galik, elagik, dan vitamin E. Kandungan asam lemak omega 3 inilah yang merupakan nutrisi bagi otak.

   Sementara itu 60% struktur otak manusia terbangun dari lemak. Sehingga otak membutuhkan asam lemak, terutama omega 3 sebagai nutrisinya. Dengan demikian, kacang walnut merupakan makanan bagi otak. Sebuah penelitian dalam Journal of Alzheimer's Disease membuktikan bahwa makan kacang walnut ampuh menangkal penuaan terhadap fungsi otak.

Baca juga >  Kacang Walnut Mirip dengan bentuk otak

2. Madu

   Salah satu makanan terbaik untuk otak adalah madu. Terdapat zat mineral, bio hormon serta enzim yang dapat merangsang kerja otak dan membantu anda berkonsentrasi lebih baik serta mengusir stres

Baca juga > 12 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Kecantikan dan Kecerdasan Otak

3.  Gandum

   Banyak manfaat atau khasiat yang bisa kita ambil dari gandum, selain beresiko lebih rendah dari penurunan kognitif yang bisa menyebabkan Alzheimer, gandum juga berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat otak kita. Makan gandum beserta olahannya seperti sereal, wheatbrand, dan pasta gandum memberikan vitamin B12 dan B6 yang bisa meningkatkan dan mempertahankan daya ingat otak.

Baca Juga > Manfaat Gandum Untuk Kesehatan

4.  Alpukat

   Terdapat monounsaturated fat ( lemak tidak jenuh tunggal ) yang membantu melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Aliran darah yang sehat berarti  menyehatkan otak, karena darah membawa nutrisi dan oksigen ke otak. Alpukat juga membantu menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi resiko stroke. Alpukat juga mengandung antioksidan termasuk Vitamin E.

Baca juga >  15 Manfaat Alpuka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5.  Coklat

   Cokelat asli yang terbuat dari 60% kakao (dark chocolate) merupakan sumber gizi yang baik, terutama bagi otak. Kakao merupakan sumber flavanol yang baik, yang memiliki potensi untuk menjaga kesehatan otak. Studi yang dilakukan untuk meneliti manfaat kakao bagi otak menunjukan bahwa biji cokelat yang sudah tua bisa membantu mencegah penurunan kofnitif dan demensia.

Baca juga > 13 Manfaat Coklat Untuk Kesehatan Tubuh, Kecerdasan dan Kecantikan

6.  Ikan Salmon

   Ikan berlemak ini adalah sumber terbaik dari asam lemak omega 3 ( DHA dan EPA ) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian baru-baru ini juga menunjukan bahwa orang yang mendapatkan asupan lemak omega 3 lebih banyak diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil yang memuaskan pada uji kemampuan.

Baca juga > 12  Manfaat Ikan Salmon Untuk Tubuh

7.  Blueberry

   Tidak hanya enak untuk dimakan sebagai buah cemilan, tapi juga untuk kesehatan tubuh dan otak. Hasil penelitian menemukan bahwa blueberry mengandung antioksidan yang sangat kuat dan membuat muda kembali sel otak. Blueberry mengandung bioflavonoid dan fitonutrien yang mengandung anti-aging dan meningkatkan fungsi memori. Blueberry dapat dimakan mentah dan juga bisa ditambahkan ke dalam smoothie.

Baca juga > 15 Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan Tubuh

8. Delima

   Delima atau pomegranate adalah buah yang mengandung banyak manfaat, nutrisi dan vitamin. Untuk otak, buah delima menawarkan manfaat antioksidan kuat yang melindungi otak dari kerusakan radikan bebas. Menurut ahli saraf David Perlmutter, Md, dan juga penulis The Brain Book baik "Mungkin tidak ada bagian dari tubuh lebih sensitif terhadap kerusakan dari radikan bebas seperti otak " . Delima sangat kaya akan antioksidan, sedangkan antioksidan juga secara tidak langsung membantu anda mempertahankan fungsi otak yang sehat dengan melindungi jantung dari radikan bebas. Seperti yang diungkapkan dalam artikel Franklin Institute dalam judulnya "Maintaining the Oxygen Balance in Your Brain".

Baca juga > 11 Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh
 
9.  Brokoli

   Selain vitamin C dan vitamin K, brokoli juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Ketiganya adalah motor yang membangun kesehatan mental serta meningkatkan memori otak.

Baca juga > 25 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

10. Tomat

   Terdapat licopene, suatu zat antioksidan yang membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan radikal bebas yang dipercaya merupakan faktor utama penyebab penyakit Demensia dan Alzheimer.

Baca juga > 14 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

11.Oat

   Oat atau oatmel adalah sejenis seral yang populer di kalangan anak-anak. Oatmel merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Oat mampu menyediakan energi untuk otak yang sangat diperlukan anak-anak dalam mengawali kegiatan di pagi hari. Selain itu, serat pada oat juga memiliki peran untuk menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi. Adapun kandungan lainnya seperti seng, potasium, vitamin B, dan vitamin E yang ada pada oat dapat membuat fungsi tubuh dan otak berfungsi pada kondisi prima.

Baca juga > 14 Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

11. Seledri

   Seledri dianggap sebagai makanan karbohidrat yang membuat seorang menjadi pintar. Tidak mengandung gula putih atau bahan kimia, dan memiliki rasio tinggi nutrisi dibandingkan dengan tingkat karbohidratnya. Sehingga, seledri dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Baca juga > 11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Tubuh

12. Bayam

   Bayam mempunyai kandungan zat besi dan aneka vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Kandungan vitamin B9  dalam bayam terbukti mampu meningkatkan ketajaman memori otak sehingga daya ingat dan kecerdasan pun akan meningkat.

   Bagi anda yang mempunyai buah hati, sangat disarankan untuk memberikan bayam sebagai salah satu menu makanan favorit.

Baca juga > 20 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

13. Telur

   Di dalam telur, tepatnya kuning telur, terdapat kolin (choline). Kolin merupakan nutrisi yang memfasilitasi perkembangan otak mulai dari dalam kandungan, anak-anak, hingga berusia lanjut. Kolin berfungsi untuk membangun membran sel dan memiliki peran dalam memproduksi molekul sinyal di otak, memperbaiki memori otak, dan berbagai fungsi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan otak.

Baca juga > 10 Manfaat Telur Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Kecerdasan Otak

Informasi diatas merupakan yang penting untuk meningkatkan kinerja otak anda, selain makanan yang harus dikonsumsi, sebaiknya imbangi dengan aktivitas yang dapat meningkatkan kinerja otak, aktivitas tersebut bisa anda baca di Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Dengan Benar .

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "13 Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi, Kinerja dan Daya Ingat Otak"

  1. Untuk point 2 dan 13 ane mix konsumsi seminggu sekali diselingan pd point 4 dijus..terasa dibadan dan fokus pd saat aktifitas kerja..dan pola tidur disesuaikan..itu asupan saya.

    ReplyDelete